ULASAN NOVEL "EKSEKUTOR" KARYA CENNING RARA


Judul buku : Eksekutor
Penulis : Cenning Rara
Penerbit : Bhuana Sastra
Tahun terbit : 2019
Kota terbit : Jakarta
Jumlah halaman : 252
 Eksekutor adalah buku karya Cenning Rara yang terbit pada tahun 2019. Buku ini bercerita tentang enam orang Eksekutor Utama yang berada di Negeri Eltras. Mereka bertugas mengeksekusi Kaladewa yang masuk ke dalam wilayah Eltras. Ke enam Eksekutor Utama itu adalah Alanne, Kale, Yeol, wolf, Archana Pertama, dan Archana Kedua. Mereka adalah orang-orang pilihan yang memiliki kemampuan luar biasa, tujuan mereka sama yaitu menjaga Eltras. Ada kerja sama yang baik antara Eksekutor Utama tersebut sehingga mereka memiliki hubungan yang baik, namun ada suatu hal tak terduga membuat keadaan menjadi rumit.
 Negeri Meridia adalah negeri yang berada di Wilayah Gelap Barat, dulunya adalah wilayah yang luas dan makmur. Negeri meridia dilindungi oleh enam orang pewaris, namaun karena ketamakan pewaris yang saling berebut kekuasaan mengakibatkan mereka sendiri mendapat kutukan yang merubah akal dan pikiran mereka menjadi lebih mirip binatang buas dan memangsa para pengawalnya sendiri. Siapapun yang terserang oleh kaladewa maka ia sudah tertular racun Kaladewa dan pasti orang tersebut akan berubah menjadi Kaladewa. Kaladewa adalah sebutan untuk orang yang tertular racun Kaladewa dan wujudnya sudah berubah seperti monster.
 Orang Meridia yang selamat dari wabah Kaladewa banyak yang mengungsi ke wilayah terdekat salah satunya yaitu Eltras. Eltras mulai menguasai penduduk meridia yang rapuh dan mengambil wilayah Meridia yang masih subur. Alanne adalah satu-satunya wanita dalam kelompok Eksekutor Utama, ia sangat lihai menggunakan panah dan mendapatkan julukan “Gadis Pemanah”.Eksekutor Utama menghadiri pesta Jenderal Kann, Jenderal Kann sering memperdebatkan masa lalu Alanne yang memang tidak diketahui dari mana asal usulnya. Di sana ada seorang peramal yang mengatakan bahwa diantara Eksekutor Utama terdapat pengkhianat besar, peramal itu membuat ke enam Eksekutor Utama memikirkan perkataannya.
 Alanne mendengar rencana Kale, Yeol, dan Archana pertama untuk berburu dan ia memutuskan untuk mengikuti ketiga pemuda tersebut tanpa sepengetahuan mereka. Alanne bertemu dengan rombongan Kale lebih cepat, Kale mengetahui Alanne mengikutinya saat brhenti di sebuah kedai dan akhirnya mereka berbincang disana. Saat dalam perjalanan pulang Alanne bertemu dengan seorang pria yang kepalanya tertutup tudung. Pria itu ingin mengugkap masa lalu Alanne dan menyuruh Alanne mendatangi bekas penjara bawah tanah di sebelah utara markas Armada Perang Tingkat Satu Eltras.
 Alanne memutuskan untuk mengunjunginya, ia didampingi oleh prajurit bernama Gangshin yang merupakan orang meridia. Alanne bertemu dengan pewaris Meridia bernama Yama yang merupakan ayah Alanne hal ini membuat Alanne mendapat kilasan ingatan masa lalunya yang tak berurutan. Sejak kejadian itu ia mulai meragukan identitas dirinya, ia masih belum bisa menerima bahwa ia adalah pewaris Meridia. Raja Eltras memberi perintah untuk mengeksekusi Meridian dan pewaris yang masih tersisa. Kale, Wolf, dan Archana Kedua ditugaskan di Wilayah Eltras Timur, sedangkan tiga Eksekutor Utama lainnya masih berada di Bekhum.
Mendengar berita itu Gangshin memohon pada Alanne agar mau membantu menyelamatkan Pewaris Meridian yang tersisa diantaranya adalah Yama dan Tar. Alanne menerima permohonan itu karena merasa berhutang budi. Awalnya rencana mereka berjalan lancar sampai pada akhirnya Taimur dan Ksatria Hitam datang, akhirnya Alanne memutuskan mengawasi dari atas menara, keberadaanya diketahui oleh Yeol namun identitasnya belum diketahui karena ia menyamar dan Yeol mengtahui bahwa itu Alanne saat berhasil menangkapnya. Kekacauan ini sudah terdengar oleh Kale dan ia memutuskan untuk kembali ke Bekhum. Berita ini sangat mengejutkan seluruh warga terutama Eksekutor Utama.
Karena jasa Alanne kepada Eltras selama ini, Raja Eltras memberi pilihan pada Alanne untuk mengeksekusi Pewaris Meridian yang tak lain adalah Paman Tar dan menghilang dari Eltras. Namun pada detik-detik terakhir Alanne malah mengarahkan panahnya pada Jenderal Kann. Karena apa yang dilakukan Alanne, Raja Eltras mengganti hukuman Alanne agar ia dibuang ke Wilayah Gelap Barat. Hal yang tak terduga terjadi saat Alanne tiba di Wilayah Gelap Barat, ia diselamaatkan oleh harimau putih bernama Liam dan menemukan wilayah yang dicari tahu oleh Kale sampai saat ini. Ada Pewaris, Kaoru dan Meridian yang menunggu di wilayah tersebut. Alanne penasaran dengan kekuatan yang mungkin dimilikinya dan ingin memunculkan kekuatannya yang dibantu oleh Liam si harimau putih sekaligus Pewaris Meridian.
Novel ini bertema fantasi dengan tokoh-tokoh diantaranya Alanne, Kale, Yeol, Wolf, Archana Pertama, Archana kedua, Liam, Jenderal Kann, Guru besar, Raja Eltras, Yama, Tar, Gangshin. Novel ini beralur campuran, latar tempatnya adalah Negeri Eltras dan Wilayah Gelap Barat. Amanat yang dapat diambil adalah mengajarkan kita untuk tetap tegar dan tabah dalam menghdapi masalah.
Cerita dalam novel ini dijelaskan secara detail mengenai setiap kejadian-kejadian yang terjadi. Walau pada awalnya cerita ini seperti tidak memiliki titik permasalahan, namun setelah memasuki konfik utama yang dimulai di pertengahan buku dapat membuat pembacanaya terbawa oleh alur dan suasana cerita. Dan kedatangan sosok Liam sangat mengundang penasaran pembaca karena muncul di akhir cerita dan tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenainya.
Cerita dalam novel ini benar-benar membuat penasaran bagi para pembacanya. Karena seperti tidak memiliki titik permasalahan diawalnya, namun sedikit demi sedikit cerita ini mulai memunculkan permasalannya dan alur ceritanya menjadi semakin seru. Dengan cerita yang bertema fantasi novel ini memang sangat cocok untuk dibaca sekaligus sebagai hiburan.  

                                (Nabila Salwa Z. 20/8J)

Komentar

Postingan Populer