ULASAN NOVEL "COOL BOY VS COOL GIRL" KARYA RISMA CINTYA

Identifikasi Buku :
• Judul Buku : Cool Boy vs Cool Girl
• Penulis : Risma Cintya
• Penerbit : Loveable
• Kota Terbit : Jakarta Selatan
• Tahun Terbit : 2018
• Halaman : 352
• Penyuting : Rollie
Novel Cool Boy vs Cool Girl ini adalah novel pertama ciptaan Prisma Cintya yang merupakan sebuah karka tulis, yang awalnya berada di Wattpad dengan 10, 9 juta kali di baca. Buku ini bercerita tentang seorang murid perempuan baru di SMA Taruna Bhakti, yang nantinya bertemu dengan Naufan atau di juluki sebagau The Most Wanted yang memiliki rahasia kelam di masa lalu hidupnya.
Keysa Agnesia seorang gadis cantic yang punya sifat jutek dan dingin. Suatu hari ia bertemu dengan Naufan Reskiansyah, cowok ganteng yang punya sikap dingin pada orang orang dan biasa di juluki The Most Wanted. Mereka tidak pernah bisa akur jika bertemu. Sampai saat mereka mulai dekat karena sama – sama menyukai musik, Naufan mulai terbuka, dan menceritakan kisah kelam di masa lalunya.
Tentang keluarganya yang membuang Naufan dan tidak menganggapnya sebagai anak, akibat dari fitnahan temannya, dan tentang meninggalnya sahabat masa kecilnya. Naufan sudah 5 tahun tinggal di apartemen tante dan om nya, akibat dari dia yang di usir dari rumah. Sejak saat itu ia menjadi anak yang nakal. Sementara itu di sekolah, Naufan bertemu dengan teman yang menfitnahnya dulu, Naufan juga bertemu Zaskia, adik dari Danny temannya, yang sangat menyukainya.
Zaskia sangat menyukai Naufan, meski ia tau kalau Naufan sudah menjadi kekasih Keysa. Sampai suatu hari Naufan menjadi dekat dengan Zaskia, Keysa yang tau akan hal itu mencari tau apa yang terjadi. Hingga Keysa tau apa yang di alami Zaskia, rahasia terpendamnya. Tragedi – tragedi, kisah demi kisah, semua akan terbongkar. Kejadia – kejadian, kebohongan, kejujuran, hingga kematian akan terjadi, hingga akhir cerita yang bahagia.
Tema yang di angkat dari novel ini adalah tentang kisah cinta, Naufan Rezkiansyah, cowok dingin, ganteng, dan pintar, dengan Keysa Agnesia , cewek dingin, jutek, cantik, dan pintar. Cerita di novel ini tidak hanya memiliki dua tokoh, tapi juga ada tokoh lain seperti, Danny, teman sekelas dan sebangku Naufan, sekaligus kakak Zaskia. Reva, teman Keysa yang juga pacar dari Ahnaf. Zaskia, adik kelas Naufan, yang juga adik dari Danny. Dan yang terakhir, Ahnaf, pacar Reva. Alur yang diceritakan yaitu alur maju.
Gaya Bahasa yang di gunakan pada novel ini terbilang baik. Ada beberapa kesalaha atau typo pada cerita yang membuat sedikit sulit di pahami, seperti pada kalimat “ Entah mengapa, hatinya kecilnya berkata bahwa ini sebuah pertanda dari Tuhan”. Di beberapa bagian cerita pada novel, ada ilustrasi gambar wajah tokoh utama yang membuat pembaca tidak terlalu bosan untuk membacanya, dan sehingga para pembaca bisa tau bagaimana visual tokoh utama tanpa harus menebak – nebaknya.
Novel ini sangat di rekomendasikan, karena tidak hanya menarik ceritanya saja, tapi karena banyak pengajaran dalam novel ini. Beberapa di antaranya adalah persahabatan, kekeluargaan, kebersamaan, dan percintaan.

                                       (Salsabila R. 25/8J)

Komentar

Postingan Populer