ULASAN NOVEL "PERFECT COUPLE" KARYA ASRI ACI


Judul Buku           : Perfect Couple
Penulis                  : Asri Aci
Penerbit                : Bentang Belia
Kota Terbit           : Yogyakarta
Tahun Terbit        : 2017
Jumlah Halaman : 367 halaman 

      Novel Perfect Couple adalah salah satu hasil karya Asri Aci. Novel ini merupakan karya ketiga Asri Aci yang diterbitkan oleh Bentang Belia pada tahun 2017. Novel ini berkisah tentang dua remaja yang sedang menjalin hubungan berpacaran. Dua remaja tersebut adalah Anna dan Angga. Anna dan Angga bersekolah di SMA yang sama sekaligus tetangga. Mereka berdua mendapat predikat couple goals di sekolahnya. Hubungan mereka berdua sudah diketahui oleh teman – temannya dan keluarga mereka juga sudah menyetujuinya.
       Kisah cinta Anna dan Angga sudah terjalin sejak mereka masih SMP. Bagi Anna, Angga adalah cowok yang sangat pengertian meskipun kadang menjadi korban omelan Anna. Dan bagi Angga, Anna adalah satu – satunya cewek di dunianya meskipun kadang ia diledek oleh teman – teman cowoknya karena tidak pernah melirik cewek lain. Sikap Angga yang satu ini jadi masalah buat Anna. Bukannya cemburu kepada para penggemar Angga, Anna justru tak suka cowok itu terlalu menjaga jarak dengan teman – teman cewek selain dirinya. Anna tak mau dicap sebagai cewek overprotective.
     Hubungan Anna dan Angga sangat romantis sehingga membuat teman – temannya iri. Tetapi, dengan munculnya si Shasa teman gamenya Angga hubungan mereka makin memburuk. Hubungan mereka berakhir disebabkan tingkah Shasa yang membuat Anna marah dan langsung memutuskan Angga. Anna sebenarnya pada saat itu masih mencintai Angga dan juga sebaliknya. 
    Setelah satu bulan putus, muncullah laki – laki ke kehidupan Anna yaitu Kelvin. Kelvin adalah kakak dari murid les yang diajar oleh Anna. Setelah dengan Angga, Anna dan Kelvin mulai menjalani hubungan yang sangat dekat hingga akhirnya mereka menjalani hubungan pacaran. Tetapi hubungan tersebut tidak berlangsung lama karena Kelvin tahu bahwa Anna masih sangat mencintai Angga, lalu Kelvin memutuskan Anna saat Kelvin akan pergi kuliah ke Jepang. 
      Akhirnya, saat Anna naik ke kelas 3 SMA dan Angga sudah kuliah, Angga mengajak Anna untuk menjalin hubungannya kembali. Lalu Anna menerima cinta Angga kembali hingga akhirnya saat Angga lulus S1 dan juga Anna, Angga akan melamar Anna. Kini mereka berdua kembali bahagia. 
      Novel ini ditulis dengan mengangkat tema percintaan remaja. Adapun tokoh – tokoh yang sudah disertai sifatnya masing – masing, seperti Fina (adik Anna) dan Anggun, Anggi (adik Angga) selain tokoh keluarga Adapun tokoh lainnya seperti Putri, Shasa, Kelvin, Jane, Kate, Gery, Dylan, Melody, dan Liam. Alur ceritanya menarik yaitu campuran. Penulis juga menggunakan sudut pandang orang ketiga yaitu Anna dan Angga. Pada novel ini, adapun amanat – amanat yang dapat di ambil dari ceritanya. 
        Novel ini juga memiliki keunggulan yaitu ceritanya yang menarik banyak perhatian pembaca. Novel ini cocok untuk dibaca di kalangan remaja – remaja yang sedang bercinta. Selain ceritanya yang menarik, kata – kata yang ditulis oleh si penulis sangat keren dan dapat dijadikan motivasi oleh pembacanya. Lalu, kisah – kisah nomor lucu juga banyak ditemukan sehingga dapat membuat pembaca tertawa atau senyum – senyum sendiri. Gaya bahasanya mudah dipahami dan tidak berbelit – belit hanya ada beberapa bahasa asing yang sulit dimengerti. Selain itu, adapun kekurangan dari novel ini yaitu covernya. Cover novel ini sangat tidak menarik dan warnanya yang tidak jelas. 
        Novel ini pada umumnya sudah baik dan bagus. Novel ini selalu membuat pembaca tertarik untuk menamatkan ceritanya. Selain itu, novel ini sangat cocok ditujukan kepada remaja – remaja ABG. Novel ini juga mengandung pesan – pesan moral yang bisa membuat pembaca termotivasi. 
 
                                (Putri Noviana S. 23/8J)

Komentar

Postingan Populer