ULASAN NOVEL "KEKI" KARYA SHEILANDA KHOIRUNNISA

Identitas Buku :
1) Judul Buku : Keki
2) Penulis : Sheilanda Khoirunnisa
3) Penerbit : Bentang Pustaka
4) Kota Terbit : Sleman, Yogyakarta
5) Tahun Terbit : 2018
6) Halaman : 292
7) Penyunting : Hutami Suryaningtyas, dkk

    Buku ini merupakan buku yang membahas tentang kehidupan remaja SMA karya Shelanda Khoirunnisa. Buku ini mengangkat tema keluarga, pertemanan, dan romance sebagai pemanis. Sheila-sapaan akrabnya- membumbui cerita ini dengan komedi-komedi yang segar. Sheila juga kerap membagi karya-karyanya di Wattpad, dan salah satunya adalah novel keki ini. Ia menulis novel ini karena mengikuti project dari Bentang Pustaka dan Bella Writing Marathon Batch 2 hingga karyanya dapat terbit secara mayor seperti sekarang ini.

    Novel keki bercerita tentang Sahla yang hanya tinggal dengan bapaknya yang berprofesi sebagai seorang dokter di sebuah rumah sakit, ia bernama Lintang. Bapaknya sangat menyayanginya. Bapaknya merangkap dua peran, yaitu sebagai seorang bapak dan seorang ibu. Ibunya meninggal ketika Sahla masih duduk di kelas 2 sekolah dasar karena kecelakaan. Sahla juga memiliki sopir yang bernama Pak Joe. Pak Joe adalah mantan kekasih istri Lintang, ibunya Sahla. Pada waktu kecelakaan yang menewaskan ibunya, Sahla juga bersama ibunya. Karena kecelakaan itu, Sahla mengalami trauma yang membuat dirinya menjadi lemot atau tulalit. Tetapi, bapaknya selalu menyayanginya dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki Sahla.

    Di sekolah, Sahla mengidolakan seorang remaja laki-laki yang berbadan tinggi, mengenakan kacamata tebal, visualnya juga tidak main-main. Remaja laki-laki itu selalu membawa buku astrologi kemanapun ia pergi. Dia bernama Ahyar, namun Sahla memanggilnya dengan panggilan "Yayang". Setiap kali bertemu Ahyar, Sahla selalu lari tunggang langgang karena malu dengan pipinya yang memerah. Sampai akhirnya ia menabrak seorang remaja laki-laki yang sangat tampan dan pintar, ia disenangi seluruh guru dan diidolakan semua siswi di sekolah itu. Ia bernama Kenta. Sejak pertemuan itu, Ken selalu mencari tahu tentang Sahla. Ken selalu mendekati Sahla seperti ingin memberi tahu sesuatu. Tapi karena tingkah Ken yang aneh, Sahla merasa risih dengan Ken.

    Ken ingin memberi tahu Sahla tentang janji mereka. Janji yang telah mereka buat pada saat di rumah sakit. Namun, Sahla mengira yang telah membuat janji dengannya adalah Ahyar. Karena dulu Ken juga memakai kacamata tebal seperti Ahyar. Namun, karena operasi yang dijalaninya, Ken sekarang tidak lagi memakai kacamata.

    Ahyar menyukai Sahla dan ia juga nyaman ketika bersama Sahla. Namun, Ken juga memiliki rasa yang sama kepada Sahla. Ahyar bisa saja mengaku kepada Sahla bahwa ialah orang yang membuat janji dengan Sahla. Namun, Ahyar harus tetap ver dalam memperjuangkan Sahla. Ahyar memberi tahu semua teman sekelasnya tentang hal ini. Ia ingin membantu Ken dan Sahla untuk menepati janji mereka. Akhirnya, janji itu ditepati di rumah sakit karena Ken saat itu sedang sakit. Ahyar menjelaskan semuanya kepada Sahla. Sahla mencoba untuk memahami semuanya. Perlahan, ia mengerti yang sebenarnya. Akhirnya, mereka bertiga memutuskan untuk menjadi sahabat.

    Alur yang tertuang dalam buku ini adalah alur campuran. Tema yang diangkat dalam novel ini yaitu tentang keluarga, persahabatan, dan anak sekolahan dengan romance sebagai pemanis. Novel inipun dibumbui dengan sentuhan komedi yang segar. Tokoh Sahla dengan segenap ketulalitannya mampu membuat Ahyar, si jangkung berkacamata tebal dan seorang yang sedikit bicara dan Ken, si tampan yang pintar jatuh hati kepadanya. Buku ini memiliki banyak pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembacanya. Pesan yang ingin disampaikan penulis, antara lain tidak terlarut dalam kesedihan terus menerus, karena kita harus melanjutkan hidup. Selain itu, kita juga harus bisa menepati janji yang telah kita buat, dengan orang yang tepat tentunya.

    Novel ini memiliki banyak keunggulan. Tema yang diangkat dari novel ini sangat baik dan menarik. Alur yang digunakan pun mudah dicerna dan tidak berbelit-belit. Novel ini juga disertai dengan humor-humor lucu di tengah dialognya yang mampu membuat pembaca tersenyum-senyum sendiri karena larut dalam imajinasinya. Akan tetapi, humor tersebut tidak berlebihan sehingga pembaca dapat menikmatinya tanpa harus mengesampingkan cerita asli. Novel ini juga disertai gambar yang dapat mengembangkan imajinasi pembacanya. Namun, gaya bahasa yang digunakan kurang baik karena terdapat banyak sekali bahasa asing dan kata-kata yang terlalu gaul. Kalimatnyapun juga masih berbelit-belit sehingga membuat pembaca susah untuk memahaminya.

    Novel keki merupakan salah satu novel terbaik Sheilanda Khoirunnisa. Secara umum, novel ini juga sudah baik. Novel ini selalu membuat pembaca tertarik menamatkan ceritanya untuk menemukan dan menjawab sebuah rahasia besarnya. Selain itu, novel ini sangat direkomendasikan untuk dibaca anak-anak ABG milenial karena cocok dengan usia mereka. Novel ini juga mengandung banyak pesan moral yang bermanfaat bagi kehidupan.

                                (Rischa Dinda W. 24/8J)

Komentar

Postingan Populer