ULASAN NOVEL "MIMPI" KARYA APRIL CAHAYA

Judul : Mimpi
Pengarang : April Cahaya
Tahun terbit : 2018
Penerbit : Bentang Belia
Kota terbit : Sleman
Harga buku : Rp 69.000,00
Halaman : 284
 Mimpi adalah salah satu novel yang terpilih dalam kompetisi Belia Writing Marathon Series Batch 2 karya April Cahaya. Karya ini berawal dari aplikasi wattpad yang ditulis pada akun @beliawrtitingmarathon. Mimpi mengisahkan tentang dua siswa SMA Tunas Bangsa yaitu Icha, cewek cantik yang berambisi dan Ardo, cowok menyebalkan yang pernah Icha temui. Keduanya sama-sama memiliki misteri dari masa lalunya.
 Ishana Areta Ariawan, cewek manis yang sering dipanggil Icha dengan rambut selalu dikucir kuda dan kalung berliontin sakura yang selalu tergantung pada lehernya. Suatu hari, setelah ia dihukum bersama sahabatnya, Meta, Icha tersadar bawa kalungnya menghilang. Icha dan Meta mencari kalung tersebut sampai Pak Tri memberikan sebuah amplop pada Icha. Saat dibuka, isi amplop tersebut adalah kalung tanpa liontin dan sebuah surat dari seseorang berinisial AE yang tak lain adalah Ardo Effendi. Surat itu berisi kalimat yang membuat Icha pergi ke belakang perpustakaan dan menunggu Ardo dibawah pohon jambu air. Ardo mengatakan, jika Icha ingin mendapatkan liontinnya lagi, ia harus menuruti 5 permintaan Ardo. Ada 2 permintaan aneh, 1 ajaib, 1 nggak masuk akal, dan 1 misterius.
 Hari-hari berikutnya, Icha mencoba membuat karya yang ditulis pada sebuah file. Namun, file-nya hilang begitu saja. Ditambah Ardo meminta Icha melupakan liontin sakuranya. Cowok itu juga mengatakan bahwa dirinya adalah kakak dari sahabat lamanya yang bernama Nadi. Alasan Icha ingin mendapatkan liontin sakura adalah Nadi. Ya, Nadi yang telah memberikan kalung itu sebagai tanda persahabatan. Dulunya mereka berdua memang sahabat yang selalu bersama sampai pada suatu hari Icha dan Nadi harus berpisah karena kecelakaan. Tragedi itu membuat Nadi lumpuh dan menjadi alasan mengapa Ardo menyembunyikan liontin itu.
 Nadi pun telah mengetahui bahwa kakanya telah bertemu dengan Icha. Berhari-hari hubungan Ardo dan Icha harus merenggang. Nadi yang mengetahui itu, menyarankan dan mebujuk kakanya untuk meminta maaf pada Icha. Berkali-kali Ardo berusaha meminta maaf, namun gagal. Akhirnya, Icha mengatakan bahwa ia mau memaafkan jika Ardo dapat menjalankan 4 tantangan darinya.
 Setelah semuanya yang berlalu, Icha pun memulai untuk membangun mimpinya menjadi penulis. Dukungan dari keluarga pun menjadi semangat untuknya. Kini, Icha mendapatkan apa yang diimpikan. Bersama sahabatnya serta kasih sayang dari keluarganya. Ardo pun telah mendapatkan impiannya yang baru, bersama gadis cantik bernama Ishana Areta Ariawan.
 Novel ini mengangkat tema persahabtan, pengorbanan, kasih sayang, dan yang teroenting adalah sebuah impian. Buku ini juga menceritakan Ishana Areta Ariawan cewek yang sangat berambisi pada mimpinya, Ardo Effendi yang sangat menyayangi adiknya. Nadi, sahabat lama Icha. Meta, sahabat baru Icha yang periang. Erlang, kakak kelas Icha yang suka padanya. Roni dan Umar, teman baik Ardo. Serta, tokoh lainnya yang merupakan keluarga Icha seperti Dani (ayahnya), Ratih (ibunya), Oma Ambar, Farez (kakaknya), dan Farel (adiknya). Amanat yang terkandung yaitu bermimpilah dan berusahalah mendapatkannya, walaupun banyak tantangan yang mengintai.
 Gaya bahasa yang digunakan novel ini mudah dipahami dan alurnya juga tidak berbelit. Cerita yang dituliskan mampu membuat pembaca terharu pada perjuangan tokohnya dan sangat menginspirasi. Untuk kekurangan dari cerita ini, bisa dikatakan tidak ada, mungkin jika ditambahkan beberapa kata kata seperti quotes diawal bab. Gambar visual untuk tokohnya-pun menambah cerita semakin hidup. Mmembuat pembaca dapat berimajinasi dengan mudah.
 Novel berjudul Mimpi karya April Cahaya ini sangat direkomendasikan untuk dibeli dan dijadikan koleksi. Selain harganya yang relatif ringan dikantong, mudah didapatkan, dan menginspirasi. Buku ini banyak mengandung pesan, memiliki alur yang unik, dan konflik yang bagus.

                         (Vannia Rahma A. A. 30/8J)

Komentar

Postingan Populer