ULASAN NOVEL "SHANIN'S DIARY" KARYA SITADONA

Judul : Shanin ' s Diary
Penulis : Sitadona
Penerbit : Heksamedia Perindo
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2018
Total halaman : 400 halaman
Editor : Imanissa
Desain sampul : Dicky Darmawan
Penata letak : Silviana P .
Novel Shanin ' s Diary merupakan novel fiksi karangan Endang Nur Sitadona yang lebih akrab disapa Sita atau Sidon bagi pembaca wattpad. Novel ini merupakan novel pertama Sitadona yang diterbitkan . Perempuan yang mengaku memiliki hobi menulis ini kemudan membuat sequel dari tokoh-tokoh novel ini yang dapat dibaca di akun wattpad miliknya, yaitu Sidonsky.
Novel ini menceritakan tentang seorang gadis SMA kelas 11 bernama Shanindya Violetta yang meminta pertolongan kepada suatu geng persahabatan di sekolahnya karena ia selalu di bully sejak kelas 10. Ia tidak berani mengatakan kepada orang tuanya karena takut kalau ibunya yang memiliki riwayat penyakit jantung akan semakin parah. Tapi permintaannya ditolak oleh geng itu. Hingga suatu kejadian membuat ia dekat dan dilindungi oleh geng itu, walaupun atas dasar balas budi. Ia mengalami hidup bak di negeri dongeng bersama dengan 7 anggota geng itu, yakni Arga, Arkan, Richard, Raynzal, Al, Derren, dan Steve.
Tapi tak lama setelah Shanin mulai akrab dengan geng itu, pembully Shanin sempat berhasil mencuri kesempatan dan melukai Shanin, tapi Arkan berhasil menyelamatkannya. Tak hanya itu, Shanin juga menjadi saksi percobaan pembunuhan ayah Arga yang dilakukan oleh teman masa lalu Arga. Karena kasus itu, Shanin menjadi dekat dengan Arga yang membuat Shanin bahagia dengan hari-harinya disana. Tapi kabar kematian Ibunya dan permintaan ayahnya untuk menikah kembali di saat belum genap seminggu kematian Ibunya membuatnya sedih dan merubahnya menjadi gadis yang nakal, jauh dari kepribadian Shanin sebelumnya. Walau begitu, Shanin tetap diterima bahkan Arga secara pelan-pelan juga membuat Shanin kembali menjadi Shanin yang dulu. Tapi tanpa disadari Shanin, ia juga menyebabkan kerenggangan di antara geng persahabatan itu karena Richard, Arkan dan Arga yang berselisih memperebutkannya. Hingga puncaknya, Steve melakukan bunuh diri karena depresi atas masalah yang ia miliki dan tak bisa bertukar pikiran dengan Arga yang biasanya menjadi tempat curhatnya.
Shanin menganggap kematian Steve adalah karenanya. Karena ia, Arga menjadi sulit untuk berhubungan dengan sahabatnya. Pikirannya semakin kacau saat ayahnya mengirimkan undangan pernikahan di kediaman Arga, tempat Shanin tinggal setelah keluar dari rumah. Tanpa pikir panjang, Shanin lalu menelepon pembullynya dulu dan mengajaknya bertemu. Ketika bertemu dengan pembullynya, Shanin bukannya takut tapi ia malah memperolok pembullynya itu. Pembully Shanin yang tidak terima pun memukuli Shanin dan mendorongnya hingga tanpa sengaja Shanin terhantam oleh sebuah mobil yang melaju kencang. Shanin pun dinyatakan koma akibat kecelakaan itu.
Novel ini memiliki banyak sekali pesan yang disampaikan melalui beberapa adegan dan konflik yang ada. Pesan ini antara lain mengenai persahabatan dan pembullyan. Tokoh Shanin yang menjadi tokoh utama memiliki watak penakut, baik, ramah dan suka menolong. Dan juga konflik yang bermula dari bully hingga puncaknya kematian tokoh Steve serta undangan pernikahan kedua ayahnya dan berakhir komanya Shanin.
Keunggulan dari novel ini adalah memiliki alur yang tidak mudah ditebak, konflik yang tidak terduga, dan juga penokohan yang cukup kuat. Walaupun untuk tokoh utama terkesan penakut, tetapi cukup seimbang dengan tokoh-tokoh yang lain. Kekurangan pada novel ini adalah terdapat beberapa kesalahan ketik dan penggunaan bahasa yang kurang cocok dibaca oleh anak kecil yang belum cukup umur.
Novel Shanin's Diary ini cocok dibaca oleh remaja hingga dewasa. Novel ini memiliki pesan dari setiap konflik mengenai persahabatan. Tapi sebaiknya novel ini tidak dibaca oleh anak kecil karena memiliki beberapa bahasa dalam percakapan yang kurang baik.
   
                                 (Dewi Intan R. E. 04/8J)

Komentar

Postingan Populer