ULASAN NOVEL "KERAMAT DOA IBU MENGUBAH TAKDIR" KARYA ABU FAJAR AL-QUR’AN

Judul buku : Keramat Do’a Ibu Mengubah Takdir
Pengarang : Abu Fajar Al-Qur’an
Diterbitkan : 1 Januari 2010
Penerbit : Mitrapress
Desain Cover : Mitraprass
Klasifikasi LSB : Segala Usia
Cetakan : 1 Januari 2010
Font : 12 Point
Jumlah Halaman : 288 halaman
E-mail : mitrapress@yahoo.com
Jumlah Bab : 56 Bab
Tahun Pembuatan : 2009
Bahasa : indonesia
Subyek : Agama – Do’a
ISBNA : 978-979-17230-9-1

 Novel ini merupakan karya Abu fajar Al-Qalami yang menceritakan kedahsyatan do’a dan air mata seorang ibu. Dengan do’a dan ridho ibu semua akan menjadi mudah. Dalam buku ini adabanyak pelajaran yang dapat dipetik. Contohnya adalah kasih sayang ibunda terhadap anak-anaknya tidak dapat dinilai dengan apapun.

 Ibu melatih anaknya agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mengajari anaknya untuk meminta hanya kepada Allah saja. Do’a ataupun air mata ibu mengandung keajaiban yang sudah dijelaskan di Al-Qur’an maupun Hadits. Buku ini juga menjelaskan tentang perjuangan seorang ibu mulai mengandung kita sampai kita dewasa. Dengan membaca buku ini dapat membuat kita sadar bagaimana susah payahnya dan perjuangannya seorang Ibu.
Do’a seorang Ibu mengandung misteri yang bisa diungkapkan dan dirasakan oleh seorang anak ketika ia berbuat dan bertindak kepadanya. Jika kita berbakti dan berbuat baik kepada ibu akan menyebabkan kehidupan dan masa depan kita sebagai anak menjadi bahagia dan sebaliknya jika kita durhaka kehidupan kita akan celaka.

Sesungguhnya keberhasilan hidup manusia tidak cukup hanya pendidikan tinggi, kerja keras, modal besar. Namun ada sebuah kekuatan yang besar yang ikut mendukung ke arah kesuksesan yaitu do’a dan restu ibu dan ketaqwaan kepada Allah SWT. karena hal itu tidak boleh diabaikan, bahkan menjadi kunci sukses bagi kehidupan seorang anak. Sesungguhnya ibu adalah seorang wanita yang mulia. Kemuliaannya tiga kali derajatnya dibanding kemuliaan bapak. Kita wajib menghormati keduanya.

Anas bin malik meriwayatkan bahwa RosullAllah bersabda,”Barang siapa yang ingin panjang umur dan ingin mendpatkan rejeki yang berlimpah, maka hendaknya ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung tali persuadaraan”, HR.Ahmad.

Buku ini bertemakan pendidikan Islam. Dalam buku ini memiliki tokoh yaitu ibu, sahabat-sahabat nabi. Buku ini menceritakan tentang hadist-hadits riwayat dan ayat-ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan berbakti kepada orang tua dan keajaiban do’a seorang ibu. Novel ini memiliki alur campuran. Sudut pandang dalam novel ini adalah orang ketiga. Amanat dari novel ini adalah kita sebagai seorang anak harus berbakti kepada kedua orang tua terutama ibu, karena ibu orang yang mengandung kita dan merawat kita mulai dari bayi hingga dewasa. Kita tidak boleh meremehkan do’a seorang ibu, karena do’a seorang ibu memiliki keajaiban.

Kekurangan dari novel ini adalah tokonya kurang beragam. Kelebihan dari novel ini adalah kita dapat mempelajari Hadits-hadits dan Al-Qur’an. Dalam novel ini dapat meyakinkan pembaca dikarenakan terdapat Hadits dan ayat-ayat Al-Qur’an beserta terjemahnya, sehingga dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Buku ini sangat dianjurkan untuk seorang anak agar selalu berbakti kepada orang tuanya dan bertaqwa kepada Allah SWT. Buku ini sangat bagus untuk pembelajaran dalam kehidupan. Dan dengan buku ini kta mengetahui hadist-hadist dan ayat-ayat Al-Qur’an yang berisi tantang berbakti kepada orang tua terutama keajaiban dalam do’a ibu.

         
                                (M. Hirza D. U. H. 19/8J)

Komentar

Postingan Populer