ULASAN NOVEL "THE NEW WORLD" KARYA ALDINI PRATIWI


Judul : The New World
Penulis : Aldini Pratiwi
Penerbit : DAR ! Mizan
Tahun terbit : 2015
Halaman : 96
Ilustrasi sampul dan isi : Sepves dan Karisma Mulyawati
Penyunting naskah : Yulia Nurul Irawan dan Ridha Anwar
Proofreader : Renny Andryani
Desain sampul da isi : Dhea Citra

  



            Buku The New World ini merupakan salah satu hasil karya Aldini Pratiwi, remaja yang lahir di Makassar, 08 Juni 2001. Buku ini diterbitkan oleh DAE ! Mizan, dari PT Mizan Pustaka, Bandung. Buku ramah anak ini [KKPK] merupakan buku yang ditulis oleh anak, untuk anak. Dimana penulis tersebut masih tergolong anak-anak ataupun remaja. Buku yang ditujukan untuk anak-anak ini berisi cerita fantasi yang dapat mengembangkan imajinasi dan mendidik anak-anak.
            Buku yang merupakan seri Kecil-Kecil Punya Karya [KKPK] ini menceritakan tentang lika-liku kehidupan gadis bernama Kimmy. Pada suatu pagi, Kimmy dan saudaranya pergi ke sekolah yang merupakan tahun ajaran baru, akan tetapi ia tidak disukai teman-temannya karena derajat sosial, termasuk pulan Geng Sweety Girls. Meskipun banyak yang tak suka Kimmy, tetapi Clara menawari persahabatan terhadap kimmy dan menjadi temannya.
            Hari-haripun berlalu, akan tetapi cacian dan makian tetap dilontarkan Geng Sweety Girls terhadap Kimmy. Meskipun selalu dikerjai, Kimmy selalu berbuat baik pada Geng Sweety Girls tersebut. Sampai suatu hari, Kimmy dan Clara diculik oleh seseorang yang merupakan suruhan Bella, ketua Geng Sweety Girls. Ayah Clara yang mengetahui penculikan ini, menjadi tak suka terhadap Kimmy. Dan kini Clara masuk Geng Sweety Girls.
            Semakin lama haripun berlalu, purnamapun silih berganti, dan kini kebenaranpun terungkap. Clara mengetahui bahwa dalang dari penculikan tersebut tidak lain adalah Bella. Dan Clarapun meminta persahabatan kembali kepada Kimmy. Hingga suatu waktu kebenaran yang tak terdugapun terungkap, Kimmy sangat kaget karena kini ia bertemu dengan keluarga kandungnya, ia sangat bahagia dan senang.
            Semakin hari kehidupan Kimmy semakin membaik, dan lambat laun hal-hal negative berubah menjadi hal yang positif, kini Bella telah menyadari kesalahannya, dan sekarang Bella memasuki Geng Sunrise yang merupakan geng anak-anak yang baik, diantaranya juga ada Kimmy. Merekapun damai dan melalui hari-hari menyenangkan di sekolah.
            Buku ini menganut tema tentang pertemanan dan persahabatan. Dimana alur yang digunakan adalah alur maju, dengan sudut pandang dari orang ketiga, buku ini menjadi lebih tertata dan beraturan. Adapun tokoh-tokoh yang menempati ruang dalam cerita ini, diantaranya Kimmy sebagai tokoh utama, Clara sosok sahabat Kimmy, dan Bella beserta crew Geng Sweety Girls sebagai pemanis cerita ini. Buku KKPK ini tentunya menganut banyak pesan moral yang ingin disampaikan oleh penulisnya, sebagai contoh “kebaikan dan kesabaran pasti akan membuahkan hasil yang manis”, dan juga seperti “kita tidak boleh membenci orang hanya dengan sampulnya, siapa tahu dia memiliki kepribadian yang akan membawa kita kepada pintu kebaikan”.
            Buku ini tentunya memiliki keunggulan, diantaranya seperti gambar-gambar yang menarik, sehingga pembaca lebih bersemangat membacanya. Selain itu pula, desain yang tertuang sangat bagus sehingga dapat memperkuat isi cerita tersebut. Dan yang membedakannya dengan buku lain adalah, saat di awal-awal buku terdapat penjabaran tokoh, sehingga bisa memperkuat pendalaman tokoh bagi pembaca. Tetapi buku ini masih mengandung banyak kekurangan, seperti alur ceritanya. Alur cerita dalam buku ini sangat rumit dan terbelit-belit, sehingga pembaca sulit memahaminya. Bahasa dan ceritanyapun juga begitu, cerita yang tertuang di sini terlalu berlebihan, menjadikan ceritanya seperti terlalu menghayal dan menjadikan pembacanya kurang nyaman.
            Buku The New World ini pada umumnya sudah baik. Buku yang merupakan seri KKPK ini sangat cocok dibaca oleh anak-anak, karena dapat mengembangkan imajinasi mereka. Selain itu pula, cerita yang diangkat berkaitan erat dengan memfilter hal negatif tersebut dan juga mendapatkan pesan moral yang baik dari buku ini

                                    (Dinnys Eka W. 06/8J)

Komentar

Postingan Populer